Monday, October 13, 2014

Random Post-Sehubungan Resolusi Yang Gak Jadi

 
Well. Ringkas aja.

Selalu kayak gini. Banyak banget yang pengen gue tulis dan gue publis di blog. Cuma semuanya pada numpuk jadi draft aja, udah keburu basi sebelum di posting. Entah karena urusan yang lebih prioritas atau malah untuk urusan yang gak lebih penting… kayak ngurus KRS misalnya? Hahaha :V
 
Baiklah. Sebenarnya gue gak tau apa yang akan gue tulis. Tapi kita liat aja ‘seringkas’ apa tulisan ini nanti jadinya, sampai mana tulisan ini akan mengalirnya. Gak tau juga bakal ringkas atau nggak kayak yang gue bilang dengan songongnya diatas hahaha. Gue cuma butuh pembuka aja :D

Semester ini gak tau mau kayak apa. Gue belum bikin resolusi. Ini track record terlama gue dalam membuat resolusi. Berhubung banyak banget kondisi yang mau diperbaiki dari waktu yang sudah-sudah. Biasanya dari kelas satu SD dulu, sampai awal semeter 4 kemaren gue selalu gak sabaran bikin resolusi dan target-target per semester yang ingin gue capai, perbaikan-perbaikan, rincian rencana kegiatan baik itu untuk orang banyak banyak ataupun sekadar self-quality time, serta segala macam evaluasi. Gue tulis rapi-rapi dalam notes atau agenda gue dengan semangat dan berharap Allah akan memudahkan segala rencana gue. Amin. *yes, I’m resolution man :D.

Tapi semester ini… gue bukannya gak niat bikin resolusi. Udah ada sih, tapi di awal semester udah keburu kacau duluan gegara ngisi KRS lewat portal kampus—yang gak kelar-kelar. Capek lahir batin. Sampe pengen puasa tiap hari rasanya, saking gak nafsu makan pas liat KRS gue waktu itu belum terisi sama sekali. Sedangkan temen-temen lain satu per satu udah mengangsur mengambil jatah kelasnya. Niatnya yang cuma sehari-dua hari di Pekanbaru khusus buat ‘proyek’ yang satu ini, malah molor sampe akhirnya waktu liburan abis dan waktu gue hilang konyol begitu saja. Ada kali gue mantengin laptop, nunggu berhari-hari tanpa tidur tanpa kemajuan apapun, gak ada penambahan kelas ataupun perbaikan portal yang sedikit error. Nah pas gue bantai pergi get lost *keliling Pekanbaru aja sih saking muaknya, eh pada buka kelas. Sompret memang.

Nah ini dia titik awalnya.

Gue merasa udah banyak banget yang terlewat di masa-masa tidak efisien ini. Katakanlah gue ngisi KRS maksimal normalnya 3 hari. Nah setelah itu masih ada waktu libur semester yang tersisa sekitar 2 mingguan lebih. Dan gue udah nyusun agenda dalam rangka menyambut semester 5 dan merayakan berakhirnya semester 4 gue yang gemilang abis *yeeey :D

Dan semuanya terlibas begitu saja karena bahkan sampe udah mulai kuliah pun gue masih sibuk sama KRS berhubung ada mata kuliah yang belum terisi karena kelas udah penuh semua. Apa gak bete abis coba memulai semester dengan cara seperti ini. Gue gak bisa merasakan the spirit of school new year seperti yang biasa gue rasakan.

Inilah, gue list aja ke-tidak-jadi-an agenda gue kemaren. Masih sebel sih.

Gue gak jadi jemput temen gue ke Padang buat liburan sebentar ke rumah gue yang di Payakumbuh. Padahal gue udah kadung ngomong dan bujuk ibunya—yang juga deket sama gue—berhubung anaknya si calon tenaga medis ini sibuk banget. Giliran si anak udah mau nyempatin dan ibunya juga udah ngizinin, eh guenya yang kagak datang. Masih di Pekanbaru, man! KRS gue apa kabarnya saat itu, gue aja kagak tau mau diapain lagi.

Gak jadi ketemuan sama anak-anak sepuluh lima yang udah lama banget dibikin planningnya,  gak jadi ketemuan sama anak-anak 12.07 (temen-temen di bimbel), gak jadi main ke tempat Ega. Gak jadi reunian resmi sama anak-anak PBB beserta alumni-alumni jauhnya, yang saking kangennya sampe bikin gue nangis pas memeluk salah satu kakak senior. Ini gak sengaja aja ketemunya. Gue mau pergi bantu catering keluarga, pas lewat depan sekolah, kok pada reme banget gitu. Rupanya asih masa MOS dan pas sesi  promosi ekskul. Dan senior-senior kesayangan ini lagi pada ngumpul depan sekolah. Langsung deh lumer hati gue yang di udah kelamaan di perantauan ini. What a blessing :’) tapi tetep aja reunian resmi besoknya gue gak dateng -..-

Gak jadi memenuhi janji bikin brownies untuk seseorang dan hahaha bisa saja yang dijanjikan juga lupa. Aaagh bahan-bahannya udah kebeli dan masih ketumpuk sampe sekarang -__- Gak jadi menyelesaikan tulisan gue yang mau diikutkan lomba dengan deadline awal September. Padahal tinggal editing dan poles finishing dikit aja. Gue juga gak jadi ke Sari Anggrek, salah satu toko buku terbesar di Padang, buat beli alat-alat tulis yang lucu-lucu dan murah-murah. Ini udah semacam hiburan kecil yang berarti banyak bagi gue.



Gue lagi pengen ngitarin kota Padang, memandangi jalan-jalan di kotanya, sisa-sisa gempa 2009 silam, melihat proyek perbaikan ataupun proyek baru lainnya, gaya anak-anak sekolahannya (yang jilbabya aduhai itu muahaha), dan hei kaki lima ayam goreng kesukaan gue masih adakah sampai sekarang? Dan ingin sebentar saja merasakan sore di Ratulangi, sore yang bersejarah, karena disanalah sore yang mengetahui badan gue yang lelah, hati gue yang tertekan, dan muka lusuh sehabis belajar. Karena gue hampir tiap hari pulang sekolah kemudian pulang bimbel lewat sana, menjelang maghrib, menyusuri jalan arah ke Sari Anggrek untuk nunggu angkot, sambil menghadap ke arah pantai barat Sumatera, dan walaupun dulu tidak pernah jadi perhatian, matahari yang terbenam di laut memang  memberikan efek cahaya berpendar yang dramatis dan... bikin kangen.

Sebentar saja gue pengen balik ke rumah di Ulak Karang, dimana kalau gue berdiri di jalanan komplek depan rumah, gue bisa menyaksikan langsung pagi hari dengan matahari menyembul sedikit-sedikit dari bukit Gunung Pangilun, dengan latar langit biru yang belum sepenuhnya terang, dan sisa angin subuhnya yang masih dingin. Karena walaupun tidak pernah jadi perhatian, jalan kecil ini tegak lurus terhadap Gunung Pangilun dan saksi atas pemandangan itu sendiri.

Sebentar saja gue ingin berdiri di salah satu sudut Unand, menyaksikan seluruh kota Padang yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia di depannya. Gagah sekali kota ini pastinya. Gue ingin merasakan lagi secuil kesyukuran gue bersama kota Padang atas waktu-waktunya dalam membesarkan gue. Agar gue… gue gak tau juga buat apa. Ini semacam self-celebration atau apalah terserah. Yang jelas gue bisa merasakan akumulasi segala macam perasaan positif lainnya saat melakukan ‘ritual-ritual’ ini. Ini berhubung gue sedikit banyaknya masih sering tersangkut-sangkut karena kota Padang. Jadi kemaren ini gue ingin merasa tidak terikat atau tersangkut apapun lagi, kemudian membuat resolusi lagi dan memulai semester lima dengan semangat. Berhubung dulu gue juga memulai awal perkuliahan dengan perasaan yang kurang baik, sooo gue rasa disinilah gue ingin memperbaikinya.

Apa kata orang soal ‘berjalan-jalan’ ke suatu tempat? Soul finding? Mungkin itulah yang gue lakukan.

Tapi gara-gara KRS… ah sudahlah. Dan untuk di Pekanbarunya sehubungan telat ngisi KRS ini, gue juga terpaksa gak jadi panitia PKA-Baksos alias Ospek di Fakultas terus gak bisa ikut ke Kuansing bareng anak-anak BEM Universitas, dan ikut program penghijauan di Kampar. Padahal gue udah merasa itu bisa jadi sedikit hiburan dan pengganti atas gagalnya agenda gue di Padang.

Tapi semester lima ini juga udah berjalan seru seperti semester lalu. Gue udah dua kali nyempatin ke bazaar buku dan borong buku murah-murah muahaha >:D menghadapi dosen yang tiap beliau ngomong jadi bikin orang-orang ngurut dadanya masing-masing *iyalah dada masing-masing, masa dada orang -.- Terus udah beberapa kali ngerayain ulang tahun temen-temen berikut dengan traktirannyayang seru-seru, tiap Selasa sore jalan ke kampus Gobah di pusat untuk kuliah, ketemu tempat makan baru yang enak, ditraktir gaji pertama sama temen. Pertama kalinya ngeliatin salah satu temen jadi galau, sedih, rindu dan senang karena manajernya yang aduh… gue denger ceritanya aja hati gue udah lumer duluan :3 berhubung temen yang satu ini bawaan mukanya usil dan pecicilan, sekalinya dia habis cerita terus liat mukanya yang termenung berikut matanya jadi sendu, gue malah jadi geli abis dan ngelemparin dia dengan barang-barang yang berada dalam jangkauan tangan gue. Jarang-jarang loh ini. Puas banget deh ada bahan ledekan muahahaha :D

Yang kurang itu yaa resolusi yang gak sempat dibikin dimana gue udah gak mood duluan sehubungan hal-hal diatas. Sekarang udah mulai gue susun ulang, gue tambahkan beberapa list lagi biar lebih joss,  dan lebih penting lagi gue sedang membangun semangat yang udah terlanjur digerogoti rasa malas ini hahaha. Semoga bisa. Pasti bisa! yeeey :D


Nb:  Gak ringkas ya? -..-

3 comments:

  1. kebanyakan orang rajin buat bikin resolusi tapi males mewujudkan resolusinya. Lebih baik nyusun proposal hidup yah, kirim langsung lewat do'a dan wujudkan lewat ikhtiar yang kuat.

    ReplyDelete
  2. Gue ngerasain hal yang sama.
    Ketika tulisan udah numpuk, eh males banger ngepostnya. Hadeh.

    ReplyDelete