Thursday, January 22, 2015

Tumis Spaghetti Ala Anak Kost



Well, sebenarnya gak ada bedanya sih antara spaghetti pas gue jadi anak rumahan dan setelah gue jadi anak kosan. Tapi gue rasa embel-embel ala anak kost memang lebih punya nilai komersil daripada... eh.. yang atas nama anak kost mah gak ada komersil-komersilnya -..- Tapi selama jadi anak kost juga sih perkembangan resep ini gue lakukan.
 
Aih mateee perkembangan resep segala…

Padahal bentuknya gitu-gitu aja -..-

Yasudah langsung saja resepnya. Here we gooo…

Bahan:
  • Spagehtti La Fonte
  • Bawang bombay 30-50 gr *gak pernah dihitung sih, suka-suka aja*, iris kotak-kotak.
  • Bawang Putih satu siung *ini juga suka-suka aja. kalo suka boleh tambah satu siung lagi*, iris kotak-kotak tipis
  • Saus Indofood: Pedas
  • Saus Indofood: Pedas Manis
  • Tomat kecil. Ambil setengahnya aja boleh. Potong kotak-kotak. Kalau gak ada juga gapapa.
  • Sosis atau cornet. Berhubung jadi anak kos sosis so nice udah cukup lah. Kalau mau cornet, ada yang bungkusan 50 gr merek Pronas.
  • Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat:
1.    Rebus spaghetti ke dalam air mendidih 8-10 menit. Tuangkan sedikit minyak dan sejumput garam beserta cinta di dalamnya :3
2.    Setelah spaghetti diangkat dan disaring, tuangkan beberapa tetes minyak ke spaghetti-nya, supaya tidak lengket.
3.    Panaskan minyak, masukkan bawang bombay dan bawang putih. Bawang putihnya disisakan setengahnya untuk nanti.
4.    Tidak lama setelah itu, sebelum bawang bomay dan bawang putih layu, masukkan potongan tomat, sisakan setengahnya lagi, tumis sampai harum dan layu.
5.    Masukkan saus pedas dan saus pedas manis. Aduk rata, masukkan sisa tomat dan bawang putih tadi.
6.    Oya masukkan juga sosis atau cornetnya. Ini sesuai selera. Boleh sebelum masuk saus, atau setelah masuk saus.
7.    Apinya sedang aja. Kalau sudah masuk semua bahan saus, apinya boleh dikecilkan sedikit.
8.    Masukkan spaghetti yang sudah direbus tadi, tumis bersama saus sampai rata. Angkat. Sajikan hangat.

Awalnya dulu pake saus tomat aja, tapi kurang mantap. Terus coba dicampur saus extra pedas. Udah lebih enak sih, tapi masih kurang puas. Sampai akhirnya gue coba pake saus ayam goreng hahaha. Gue suka saus ayam goreng untuk makan gorengan atau untuk cocolan. Tapi kalo untuk spaghetti kok jadi aneh yaa? -__- pernah juga pake bawang merah. Well, rasa bawang merah memang gak cocok untuk spaghetti. Atau gue yang gak bisa masakinnya? -..-
Pernah juga beberapa bahan dimasukin setelah saus ditumis, besok-besoknya pas coba masak lagi, dimasukin bahannya sebelum saus ditumis. Setelah sekian kali percobaan, cara seperti inilah yang paling tepat menurut selera gue :3

Yaudah. Selama mencoba yaa. Kalau ada cara lain atau resep lain atau tambahan lain, silahkan komen aja. siapa tau lebih enak daripada resep diatas dan bisa gue contek untuk segera dicoba :D

Hidup Anak Kost!
*Foto menyusul, nanti gue masak lagi kalo gue udah balik ke Padang atau Payakumbuh. Gak ada kamera disini .-.

9 comments:

  1. Duh, gue masak nasi goreng aja kecapnya masih ga rata, apalagi masak spaghetti :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah masak spaghetti kayak masak mie goreng aja bang hahaha :D
      masih susah masak nasi goreng bang. gue kalo masak nasi goreng rasanya beda-beda terus, kayak gak punya standar rasa -..-

      Delete
  2. Wah kalo balik ke kosan bisa dicobak nih.
    dicobak-cobak *aladuoprinces.
    makasih ya mbak infonya #bookmark :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yo! anak kos juga yo! :D
      silakan silakan dicoba. jangan lupa dikirim ke padang yaa :D

      Delete
  3. Lebih enak dan cepat mie instant kayaknya hahahahanakost

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa spaghetti itu untuk fungsi pencitraan aja. biar anak kos makannya dibilang gak mentok di mie instan aja gitu :D

      Delete
  4. yang paling mantep buat spaghetti sih sbenernya belibis, haha.. XD
    *etapi belum ada fotonya kok gue jadi laper, haha*

    ReplyDelete
  5. belibis? itu merek juga yaa? *maaf kurang gaul .__.
    iyaa ntar gue upload kalo gue tetiba rajin masak ini lagi dan kamera lagi di jangkauan tangan :D

    ReplyDelete
  6. terimakasih banyak, boleh nih di coba resepnya...

    http://landongobatherbal.com/obat-herbal-penyakit-radang-pankreas/

    ReplyDelete