Monday, March 10, 2014

Ngomong-Ngomong Soal Migrain


Haaai kamu, kamu, dan KAMU! yang sedang baca :D Selamat datang kembali di blog yang penuh berkah dan kasih sayang ini. Semoga kamu, kamu, dan KAMU! juga selalu penuh berkah dan kasih sayang juga yaa. Amin :3 Yang jomblo biar cepet punya pacar. Yang punya pacar biar cepet putus. Biar bisa gantian sama yang jomblo. Kasian yang jomblo belum dapat giliran muahahaha *dikepret.

Baydewey, udah dua mingguan gue balik ke dunia perkuliahan dan kehidupan anak kos yang happily ever after. After dapat duit kiriman pastinya .—. Rutinitasnya sih gak banyak berubah. Paling-paling berangkat kuliahorganisasimenghirup asap pekanbarupulang—belajar—kelaparan—tidur. Well buat anak kos, tidak ada penunda lapar paling ampuh selain tidur. Jadi kalau laper pas belajar malam, gak usah panik. Laparnya dibawa tidur dan makannya dirapel besok pagi sama sarapan. Selain hemat, praktis lagi buat yang mau diet. *professional advice

Beberapa waktu yang lalu, adek-adek gue yang kinyis kinyis itu smsin gue, bilang kalo mereka kangen.

“Kakak kapan pulang? Dek diah kangen”
Kak, kakak udah makan? Kapan kakak pulang?”

Padahal pas mereka sms, gue paling-paling baru dua hari di Pekanbaru. Bener-bener deh mereka ini. Giliran gue di rumah gue diberantem-berantemin, dipalakin minta duit, disuruh cuci piring. Pas gue balik ke kosan, baru deh nangis-nangisan bilang gak boleh balik ke Pekanbaru. Ketahuan banget pada takut dijatah tugas cuci piring lagi hahaha. Adek laki-laki bungsu gue, masbro Aulia pas ngantar gue ke travel nangis ke bunda.

Bunda            : Kenapa Aulia nangis?
Aulia  : Iyaa, nanti siapa yang tunjukin PR Matematika Aulia T.T

Ealah. Gue cuma bisa manyun sambil nyabar-nyabarin adek gue yang satu ini. Padahal dalam hati, “Ternyata cuma sebatas PR Matematika saja kehadiran kakakmu di rumah ini, dek.. dek.” .___.

Well gue minta maaf karena gue tiba-tiba gak rajin posting lagi. Gue sebenarnya juga gak tau kenapa musti minta maaf padahal ini kan blog pribadi gue -___- Gak ada keharusan kan kapan gue harus bikin postingan. Mau gue posting 5 menit sekali kek, tiap malam Minggu kek, tiap Senin pagi kek, suka-suka gue kan? Udah, iya-in aja biar cepet. Atau suka-suka gue kan kalau gue mau akun blog gue dijual? Duitnya bisa buat bayar uang kos lagi. Tapi gue gak akan jual akun blog gue, apapun yang terjadi. Itu udah prinsip.

Kecuali ada yang nawar dengan harga bagus. *digampar

Akhir-akhir ini gue sering banget diserang salah satu penyakit kambuhan gue, yaitu migrain. Tau kan migrain? Sakit kepala yang menyerang sebelah sisi kepala saja. Kalau gue biasanya kambuh di sisi sebelah kanan terutama di bagian pelipis dan daerah belakang mata. Gue juga punya penyakit kambuhan lainnya, yaitu maag *gak bangga. Tapi walaupun maag juga berbahaya, bagi gue migrain jauh lebih menyiksa daripada  maag. Walaupun maag juga gak kalah greget menyiksanya dibanding Mad Dog yang juga greget itu.

Ini loh yang namanya mad dog :3 *kalau belum tau


Biar lebih greget

Kembali ke soal migrain. Kalau migrain udah kambuh, cukup sudah sampai disitu semuanya. Gue cuma bisa berbaring dan gak satupun pekerjaan yang bisa gue kerjakan saat itu. Karena tiap pergerakan sedikit saja—katakanlah seperti memperbaikin posisi leher saat tidur—kepala langsung terasa seperti dipalu dari dalam dan nyut-nyutan di seluruh sisi kanan, dan saat nyut-nyutan itu mata terasa berkedut-kedut seolah mau keluar. Ngeri banget, man. Kayak siksaan dalam kubur yang gue tonton pas muhassabah bulan puasa dulu.

Belum lagi kalau migrainnya lagi kambuh, gue makin sensitif sama cahaya yang terlalu terang. Lampu kamar gue contohnya. Jadi kalau udah kambuh, lampu kamar gue matiin dan gue ganti sama lampu kecil yang sengaja gue beli biar kamar gak gelap-gelap amat pas lampu gue matiin. Tapi terkadang lampu sekecil itu saja bisa terlalu terang di saat-saat kambuh tertentu. Jadi lebih sering gue matiin total lampu di kamar -..-
Selain itu yang bikin beda sama sakit kepala biasa adalah migrain sering disertai rasa mual dan ingin muntah. Trus (yang gue rasain ya) ‘nyut-nyutan’ di kepala ini sama seiring dengan detak jantung. Jadi makin cepat dan makin kuat tekanan detak jantung maka kepala gue tiba-tiba…
JEDERR!!

Nyut-nyutannya ini juga bakal ikut-ikutan sama kuat tekanannya kayak yang di jantung. Soalnya dari jantung kan hubungannya ke pembuluh darah, termasuk pembuluh darah yang di kepala *sotoy banget sih -___- Apa faktor pemicu cepatnya detak jantung? Aktifitas atau kegiatan lah salah satunya. Oleh karena itu kalau udah kambuh, gue bener-bener gak bisa beraktifitas seperti biasa. Apalagi aktifitas yang berat. Itu aja kain udah numpuk saingan sama tukang laundry karena tiap gue niat mau nyetrika, migrainnya kambuh. *itu sih karena emang malas hahaha.

Dan yang paling bikin bete adalah sampai sekarang ini belum ada obat yang mempan di gue. Jadi alternatif lainnya adalah menunggu dan istirahat sampai migrainnya hilang sendiri tanpa obat pain killer ataupun anti inflamasi apapun. Beda dengan maag yang kalau udah dikasih Mylanta ataupun semacam ranitidine, antasida, dkk, maag gue langsung tenang kurang dari 10 menit. Sialnya migrain gue gak pernah hilang di bawah 12 jam. Rekor terlama adalah 68 jam nonstop. Bayangin aja ada “JEDERR!! JEDERR!!di kepala lo selama 3 hari nontsop. Apa gak sakaratul maut aja rasanya -___-


Sakit kepala Barbie :(((


 
Ini migrain atau ngapain sih? -______-


 
Kenapa kepalaku cenat-cenut tiap liat kamu? :V


Masih ada satu lagi yang bikin migrain lebih nyiksa. Yaitu pengertian orang-orang di sekitar yang masih nyama-nyamain migrain dan sakit kepala biasa. Beda banget sama maag, walaupun gak semua orang punya sakit maag (sehingga gak tau kayak apa rasanya), orang-orang cenderung lebih bisa memaklumi kalau si penderita gak bisa beraktifitas apa-apa saat maag-nya kambuh. Karena itulah kalau migrain udah kambuh, sedangkan gue harus mengerjakan sesuatu di lembaga atau kepanitiaan, gue jadi malu. Gue jadi takut orang pada mikir, “Halah cuma sakit kepala aja pake istirahat”

Padahal migrain adalah azab dunia paling pedih setelah di-PHP-in oleh si kampret.

Ngomong-ngomong pasti ada pemicu alias penyebabnya. Walaupun setelah gue googling, belum ada penyebab pasti dari migrain ini. Tapi sepengalaman gue, penyebabnya bisa bermacam-macam. Paparan sinar matahari yang sangat silau misalnya. Bagi gue walaupun Padang lebih panas, tapi Pekanbaru cahaya mataharinya lebih silau kemana-mana. Tetap panas banget sih, apalagi jarang hujan gini sekarang :((  Bau yang tajam serta kondisi psikis yang nggak stabil, kayak lagi stess ataupun banyak pikiran.

Alergi makanan tertentu juga menjadi salah satu faktor penyebab migrain. Gue pribadi alergi micin ataupun MSG berlebih yang kalau terkonsumsi, siap-siap aja gak bisa ngapa-ngapain karena migrainnya bakal kambuh. Jadi kalau gue udah sering makan di luar gak heran kalau kambuh beneran dia. Gue sekarang malah lagi curiganya migarin gue kambuh gegara asap Riau yang makin menjadi-jadi ini. Siapa tau kan bisa dimintai pertanggungjawaban dari pemerintah berupa bantuan sosial bagi warga yang terganggu kesehatannya. Daripada masker terus kan, mending kasih mentahnya aja hehe *dideportasi kembali ke kampung.

Udah deh segitu dulu ya. Bagi kamu yang juga punya penyakit kambuhan migrain, jangan lupa untuk menghindari faktor penyebab migrainnya ya. Oya kalau faktor penyebab ini sifatnya bisa individual, belum tentu sama dengan individu lainnya. Trus jangan banyaik pikiran. Kalo jomblo yaudah jalani aja seikhlashnya, gak usah diribet-ribetin pake ngebedain antara jomblo dan single. Intinya sama aja: sama-sama gak punya pacar. Titik. Percayalah gak akan ada orang yang mengklarifikasi kesendirian lo itu sebagai prinsip atau emang nasib.

Kok ujung-ujungnya jomblo sih?



JOMBLO? AKU RAPOPO! AKU RAPOPO!!


Yaudah deh sampai jumpa di postingan selanjutnya yaaa. Dadaaaah :*

Sumber gambar:




2 comments:

  1. Gue juga suka migrain kok, migrain ke syuriah dari indonesia.. kalo kata orang orang sih gue migran gelap. :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha itu sih imigran masbro. jauh amat sampai syuriah dibawa-bawa segala xD

      tapi tadi gue sempet kaget jangan-jangan gue yang salah pake istilah 'migrain' nya -_- *tepok jidat

      Delete