Wednesday, February 26, 2014

Happy New Semester to Me, to You, and TO US!!



Gak berasa gue udah mau semester 4 aja. Rasanya baru kemaren deh tamat SD -__- Bentar lagi juga udah mau ngambil konsentrasi, abis itu seminar, abis itu KKN, skripsian, dan wisuda, dan kerja, dan nikah. Hiks, gue jadi merasa tua. Walaupun tetap aja cantik :3

Btw, semester genap kali ini adalah semester pengantar konsentrasi. Artinya? Yaaa mata kuliahnya rata-rata merupakan mata kuliah pengantar konsentrasi untuk semester 5. Dan alhamdulillah gue mendapatkan dosen yang gue inginkan setelah melewati portal tercenat-cenut yang pernah gue akses. Ini pun kalau gue gak awas dalam me-reload portal sekali dua menit dari malamnya, habislah sudah riwayat KRS gue. Sebenarnya kalau udah gitu, gue udah nyiapin plan B: ngulang SBMPTN lagi bulan Juni depan. Ambil Kedokteran UI *digampar.


Soal portal KRS kemaren, gue sebenarnya udah nyiap-nyiapin mental buat menghadapi ‘playboy’ yang satu ini hahaha. Habisnya dia PHP mulu. Gak yang cewek, gak yang cowok, dia PHP-in semua. Sampe gue gak tau sebenarnya dia berjenis kelamin apa.

Tapi alhamdulillah urusan KRS gue kelar dengan lancar dan nyaris tanpa hambatan yang berarti. Benar-benar di luar dugaan gue berdasarkan pengalaman sebelumnya. Kecuali ada pas gue klik ‘tambah’ mata kuliah yang ingin gue ambil, tiba-tiba portal menolaknya dengan alasan bahwa maksimal SKS gue (menurut si portal) adalah nol. Bah, ini cobaan macam apa lagi ini? Gue tarik napas dalam-dalam. Gue coba ulang lagi ngisi KRS-nya. Tetep aja sama. Portal kembali bilang jatah sks gue nol. Asli di titik ini gue merasa udah dipermainkan terlalu jauh. Gue langsung panik, kepala gue pusing dan keringet dingin. Mungkin karena belum makan juga :(( Gimana gue gak panik coba. Kemana itu semua jatah 24 sks gue?

Dan setelah pengisian KRS untuk ke empat kalinya, akhirnya portal mengakui 24 sks yang gue miliki. Langsung 8 mata kuliah yang gue ambil dinyatakan berhasil. Anehnya walaupun udah ngisi ke empat kalinya, pas mau ceklis pilihan mata kuliah, seluruh kelas masih belum ada yang mengisi alias masih nol semua! Jangan-jangan gue orang pertama yang bisa mengisi KRS. Sayangnya di portal gak ada kolom komen. Kalo ada kan bisa gue komen “PERTAMAX” hehe.

Aduh kepanjangan muqadimah gue. Malah pake nyerobot isi postingan sebelumnya lagi. Untuk postingan lengkap tentang serba-serbi pengisian KRS ini bisa langsung klik Part 1 dan Part 2 untuk baca lengkapnya :))

Berhubung jadwal udah fix-oke-sip kuliahnya juga harus fix-oke-sip dong. Dan janji ke diri sendiri gak akan kayak semester kemaren ‘antara—niat—dan—tidak—niat’ menjalani kuliah. Untung aja masih bisa ngejar 24 sks per semester. Pokoknya harus serius! Dua rius juga boleh. Empat atau lima juga oke *pake ditawar pula.

Ngomong-ngomong inilah jadwal semester 4 akuuuuhh :3





Maka BISMILLAHIRAHMANIRRAHIM, Selamat datang semester 4! Diberkahilah semester kali ini. Gue janji akan kuliah serius kali ini, semester ini. Sama seriusnya seperti saat gue belajar di SMA dulu. Sama niatnya seperti saat gue dengan cita-cita yang dulu. Gue ingin bisa ngerasain lagi ‘pahitnya’ belajar karena saking inginnya gue mengerti, saking inginnya memahami pelajaran. Pontang panting belajar kesana kemari, gak tidur sampai pagi, beli atau pinjam buku-buku penunjang, belajar sama temen sampe kayak privat, atau kejar-kejar guru konsul bimbel di cabang manapun, pada jam berapapun, hanya dengan angkutan umum, sampai di titik tertentu gue sampai nangis saking ‘capeknya’. Gak tau deh apa yang gue capek-in.

Tapi dibalik semua keletihan saat itu, gue tau bahwa gue suka keadaan seperti itu dan gue menikmatinya. Gue puas dengan diri gue yang bisa melawan dan mengatasi hal-hal yang bisa membatasi diri gue, seperti rasa malas, capek di lahir maupun batin, ataupun kata-kata pematah semangat dari beberapa orang. Ingat Imam Syafii pernah memberikan nasehat:

Barangsiapa belum merasakan pahitnya belajar walau sebentar,
Ia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya”

Hinanya kebodohan sepanjang hidup? Ngeri bangeeeet.

Dan gue ingin merasakan kembali ‘euforia’nya belajar. Mungkin kemaren gue semangat karena ada tujuan yang ingin gue kejar. Kalau sekarang udah gak mungkin lagi ngejarnya. Gue udah berubah haluan soalnya hahaha. Jujur gue belum menetapkan cita-cita (baru) gue yang pasti. Yang sesuai dengan jurusan. Tapi minimal gue udah menetapkan satu tujuan dan beberapa titik yang ingin gue capai beberapa waktu ke depan. Jadi tetaplah gue bersemangat :)) Dan sekali lagi, dunia boleh jungkir balikin gue, tapi tidak dengan kemantapan hati gue. Insya Allah.

Well, happy new semester to me, to you and to US! \(´`)/






4 comments:

  1. Yee, dirikuh pertamax, Muahahhaa.
    Iya happy new semester ya, pe, happy new semester yang penuh dengan opa, Muahhaa. Semoga kita bisa 'mengerti' yg kita pelajari

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiklah aku yang keduax hahaha.
      amin amin.. semoga bisa lebih greget semester ini. dapat ilmunya, dapat IP yg bagus, kalau bisa dapat pacar sekalian juga hahaha :V

      Delete
  2. Selamat datang ke dunia baru Kak, semoga lebih baik di sem. 4 nya, skripsis boleh tuh dikerjain dari sekarang *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha makasih dek :D
      aduh kok pake ada skripsi segala ya anak kuliah. mending UN lagi aja deh.

      Delete