Wednesday, April 15, 2015

Calon Backpacker: Tour Around Pekanbaru #SuperLatePost


Notes: Ini salah satu postingan lama gue yang sayang dibuang. Gak sempat diposting tepat waktu karena seperti biasa, gue banyak alasan :3 baydewey, selamat membaca

Oke gue siap untuk melaporkan Tour Around Pekanbaru yang gue lakukan hari Senin, 25 Agustus 2014 kemaren.

Anyway, Tour Pekanbaru ini akhirnya jadi pilihan gue setelah gue merasa malu udah dua tahun tinggal di Pekanbaru, tapi gue nyaris gak kemana-mana, nyaris gak mengenal kotanya saking sulitnya akses angkutan umum di Pekanbaru ini. Ada Trans Metro sih. Tapi lamanya waktu buat nunggu Trans Metro udah bikin gue kadung gusar duluan dan gak bisa bikin estimasi waktu dengan tepat. Udah kebiasaan sih, dulu suka naik angkot gaul Padang yang cepat dan efisien. :D Efisien memang, tapi keras volume musiknya itu kayak sengaja biar kedengaran orang se-kota Padang -..- Seringnya musik DJ yang entah bagaimana sedemikian rupa kedengaran seperti diskotik berjalan *halah kayak tau aja yang mana diskotik -_- Yah tiap kota punya masalah transportasi masing-masing. Kalau efisiensi masalahnya Pekanbaru, mungkin musik DJ keras-keras jadi masalah kota Padang.

Sebenarnya ‘backpackeran’ kali ini juga ada alasan lain. Tapi berhubung kepanjangan. Gue cut  kemudian gue buat terpisah untuk postingan lain. Kalau mau baca silakan klik di sini.

Langsung aja gue niatnya pagi itu bakal mulai backpackeran setelah gue mengurus kelas tambahan ke Fakultas. Tapi karena buru-buru udah dijemput Eed gue sembarang nyambar tas aja. Alih-alih mau bawa backpack (yang dalam artian di sini adalah Neosack, ransel sekolah gue hehe), gue malah bawa tas batik tipis yang sedang tergelatak tak berdaya di meja, kemudian buru-buru gue sumpalkan barang-barang yang gue butuhkan ke dalamnya. 

Niatnya yang ini...

Malah jadinya yang ini. Gak jodoh memang .-.

Oya gak lupa kostum yang gue pake hari itu.
Ini sih mau tour around jogja. Amiiin. Doakan yaa akhir tahun ini backpackeran kesana :3


Karena gue terlanjur bilang ke Eed kalau gue mau ‘backpackeran’ di Pekanbaru, Eed pun berinisiatif untuk ikut. Agaknya dia mungkin khawatir gue bakal nyasar ke Sumbar *pulang kampung dong -..-. Gue iyain aja berhubung Eed bawa motor dan lebih tau soal jalan Pekanbaru. Di titik ini gue merasa gagal sebagai backpacker. Belum apa-apa udah tergiur sama kemudahan naik kendaraan pribadi dan merasa aman karena punya ‘tour guide’ kayak Eed.

Tapi Eed ikut ‘backpackeran’ setelah menyelesaikan beberapa urusan, kemudian nyusul gue di tengah jalan. Jadilah gue nenteng-nenteng helm pas naik Trans Metro dan selama perjalanan sebelum ketemu Eed nantinya -__- Makin gagal lah gue. mana ada backpacker bawa-bawa helm? .—.

Tapi gue tetap memulai perjalanan pagi itu dengan hati riang :D

Singkat cerita, gue akhirnya bisa juga naik Trans Metro di Halte Unri *setelah umur gue 36 tahun dan punya 3 anak yang lucu-lucu. Harga tiketnya 3000 rupiah. Nanti dikasih tiket warna pink gitu. Maunya sih warna biru, tapi gak bisa request. Nah dengan tiket ini kalau tujuan kita berhubungan satu sama lain, kita bisa berhenti di halte khusus transit dan naik Trans Metro dengan tiket yang sama, gak perlu beli lagi. Waaah!

Karena gue mau ke Pustaka Wilayah di daerah pusat, maka gue transit dulu di Halte dekat Rumah Sakit Awal Bros. Dan nunggu bus Trans Metro selanjutnya ternyata gak lama! Wah jarang-jarang ini. Gue sampai terharu gitu :’)

Rumah sakit Awal Bros yang besar. Memasuki daerah pusat, Pekanbaru bersih banget. Nyaris gak ada sampah! Mantap dah.

Nah lanjutlah perjalanan gue menuju Pustaka Wilayah (Puswil) Soeman HS. Ini agak memalukan karena gue lagi sibuk telfon Ospa, Puswilnya jadi kelewatan dan terpaksa gue turun di depan Bank Riau-Kepri. Gapapa lah. Jadi backpacker harus ada panik-paniknya sedikit. Tinggal jalan dikit aja kok. Yang masyalah itu, gue sadar di tengah pusat kota ini, sepanjang mata memandang, cuma—gue—yang—jalan—kaki. Bukan jalan kaki sendiriannya yang masalah, yeee itu sih biasa *uhuk pendidikan sebagai jomblo memang keras :O Yang masalah itu, pas gue mau ngambil foto, gue malah jadi demam panggung karena merasa orang-orang di jalan lagi liatin gue. Ya ampun terpesona sih terpesona aja, ngeliatnya gak usah nyolot juga kan? Payah memang -___- Mungkin memang aneh ada orang jalan kaki di tengah jalan utama kota di siang yang panas gini -__-

Bank Riau-Kepri, bank daerah terbesar di Riau.
Karena gue lewat di depan patung titik nol, gue sebenarnya pengen foto, tapi karena udah ‘demam panggung’ gak jadilah gue ambil fotonya. Payah bener-bener -..-

Tapi karena memang niat mau bikin postingan, dengan sedikit keberanian yang tersisa, gue ambil lah beberapa foto sembari gue jalan dari Bank Riau ke Pustaka Wilayah. Mereka memang dekat sih *ciee, cuma dipisahkan satu jalan. Tapi kalau ngambil foto sambil diliatin ‘fans’ sebanyak gitu, gue kan keder juga.



Suasana jalan utama di sekitar titik nol Pekanbaru siang itu.


Kantor Gubernur Riau. Halo Atuk! :D


Balonnya boleh dibawa pulang gak ya? kan lumayan buat digantung di kosan.

Beraninya cuma dari pagar, sambil jalan. Ini dekat perempatan patung pusat titik nol, dan memang lagi lampu merah. Rame banget gilaaa. Jadi gue ngambilnya cepet-cepet aja. Takut dikira apa nanti kalo ngambil fotonya lama-lama. Takut dikira penyusup, atau mata-mata, atau lebih takut lagi, dikirain orang norak hahaha.

Backpacker macam apa ini? >:O

Step up!

Selanjutnya Gedung Pustaka Wilayang Soeman Hs, yang tepat di seberang Gedung Kantor Gubernur Riau. Ngomong-ngomong Pustaka Wilayah Soeman HS ini PERNAH menjadi perpusatakaan terbesar se-Asia Tenggara! Waaaaaah! Kalo sekarang masalah besar kapasitas, udah pustaka UI dong yang megang. Tapi kalau masalah disain yang megah, walaupun ukurannya lebih kecil kok gue ngarasa lebih megah Puswil Soeman Hs ini yaa ._. Mungkin karena belum liat Pustaka UI secara langsung. Atau ini mungkin masalah selera -__- *dijitakin orang  sekampus UI











Oya, disain atapnya menyerupai halaman buku yang terkembang. Relief-relief yang berisi gambaran tentang kehidupan masyarakat Melayu, corak-corak Melayu, dan beberapa baris pantun yang memang khas-nya orang Melayu punya. Mantap banget. Bukan cuma dari nilai estetika saja, tapi nilai dari sisi fungsi pustaka itu sendiri. Tempat untuk membaca didisain beberapa konsep, tapi semua konsepnya mengusung kenyamanan. Apresiasi banget deh.

Dan dulu pas pertama kali gue ke Riau, gedung inilah yang paling berkesan bagi gue. Keren banget orang Riau punya pustaka wilayah ‘se-niat’ ini. Kalau punya Mall keren, yah udah seharusnya kali, mall emang harus keren kan? Btw, mall juga bisa berkesan bagi gue, andai kata mereka lagi umbar-umbar diskon hahaha :D

  











Dan ini ruangan dalam Puswil Soeman Hs.

    Ruangan kaca, biasanya untuk tempat diskusi atau yang mau lebih tenang, atau pengen coba sensasi lain saja.

                

Ruangan membaca khusus untuk anak-anak. Tempatnya unyu :3 Pengen masuk tapi sadar umur gue sekarang udah *tiiiit *disensor demi kedamaian dunia-akhirat


Ada beberapa baris perangkat IT seperti gambar di atas, di masing-masing lantai. Pokoknya gue ngambil foto di tempat yang gak ada orangnya aja.

Ini juga sofa yang nyaman banget buat yang mau membaca di sana. Ada banyak sofa seperti ini di puswil. Ini yang di lantai dua (kalau gak salah) dan agak di sudut. Kalau bagian tengahnya lagi rame yang baca disana, tapi tetap tenang.


Dan karena ‘dinding’ pelapis perpustakaan ini adalah kaca, kita bisa melihat pemandangan kota Pekanbaru dari lantai atas gedung pustaka.
taken by: @ospaoun
Salah satu bagian sudut puswil.

Karena yang datang ke puswil hari itu cukup ramai, gue makin gak enak hati buat jepret sana jepret sini. Akhirnya gue keluar dengan kurang puas karena gak banyak foto yang bisa gue ambil.

Nah pas banget waktu gue udah turun ke parkiran, Eed udah dateng dan teriak-teriak manggil gue dari pagar. Sampe-sampe diliatin satpam-satpam disana -___- berhubung kami udah lapar banget, entah bagaimana kami memutuskan untuk pergi ke Enhaii di dekat flyover pertama. Dan ooya sambil jalan (udah pake motornya Eed ini), gue ngambil foto sebisa mungkin, seadanya saja :3

Patung titik nol yang yang posenya gue ambil dari belakang.


Tiang penyangga flyover. Dihias pakai ornamen corak timbul khas Riau

Vanhollano. Brand bakery asli Pekanbaru. dimana menurut gue, rasa dan penampilannya cukup layak dibandingkan dengan Bread Talk. Semuanya enak-enak gak kalah sama Bread Talk :9

Setibanya di Enhaii yang tidak terlalu ramai, kami ambil tempat duduk di lantai dua. Pesanan kami adalah Nasi Goreng Bandung dan Nasi Goreng Pattaya. Minumnya standar aja, apalagi kalau bukan teh es manis hehe. Lagi mulai bangkrut soalnya *curhat, semoga orang tua baca :D

Nasi goreng Bandung pesanan Eed. Sebelum di foto nasi gorengnya udah runtuh duluan .__.


Nasi goreng Pattaya pesanan gue. tampilannya lumayan laaah

Nasi gorengnya cukup enak. Dan ternyata setelah gue coba nasi goreng bandung-nya Eed, rasanya gak jauh beda deh. Hampir mirip malah. Bedanya, Nasi goreng Pattaya ini diletakkan diatas telur dadar yang lebar, kemudian diselimuti gitu ke atas, biar gak kedinginan :D.

Dan teh es manis juga kayak pakai gula jagung, jadi ada rasa-rasa manis jagung gitu, tanpa menghilangkan rasa teh itu sendiri. *teh es aja pake direview. Bodo amatlah.

Karena ini perut karet, maka gue mau nambah lagi dengan memesan satu porsi Surabi Coklat Spesial. Penyajiannya gak terlalu lama. Dan rasa surabi yang gurihnya pas serta paduan antara lelehan coklat dengan saus spesial langsung lumer di mulut gue. Huwaaaaa.. :9  Gue selalu suka surabi disini. Terutama surabi manisnya. Biar manisnya samaan gitu sama gue :3


Suasana jalan di Pekanbaru dari lantai dua Enhaii
Nah dari Enhaii kami niatnya ke Masjid Agung An-Nur di Gobah. Tapi mampir dulu ke pasar pusat dekat Ramayana karena Eed mau beli jilbab katanya. Berhubungan gue nebeng, ya gue manut aja kayak anak kecil, kemana pun Eed membawa gue *narik ingus.

Tukang gorengan nan minimalis :D



Setelah keliling-keliling pasar pusat kayak anak hilang—iya, hilang harapan beli baju cantik-cantik—kami pun meneruskan destinasi selanjutnya yaitu Masjid Agung An-Nur yang merupakan masjid terbesar se-Pekanbaru. Dan menjadi salah satu landmark kota Pekanbaru selain Pustaka Wilaah Soeman Hs. Letaknya berada di kawasan Diponegoro, depan-depanan gitu sama Fakultas Kedokteran. Dekat bangetlah pokoknya. Mungkin mereka memang lagi pedekate .-.

Masjid Agung Agung An-Nur

Masjid ini cukup luas dengan parkiran yang lebih luas lagi. Pokoknya puas deh mau parkir di mana aja. Udah saingan gitu sama lapangan sepakbola saking gedenya. Anyway, first impression gue pas masuk kesini, Masjid Agung An-Nur ini mirip masjid apa atau gedung apa gitu. Masjidnya cantik, adem lagi. Tamannya juga terawat dengan baik. Sekilas mirip Taj Mahal di India. Gue baru nyadarnya pas gue udah ngambil fotonya dari kejauhan.

Taj Mahal ala Pekanbaru :3



Fakultas Kedokteran
Sedangkan di langit pada saat itu


Tidak lengkap tanpa adanya foto-foto dari kami :3









Ini foto-foto yang gue ambil menjelang pulang ke rumah.


Macet dekat titik nol
Patung Ikan Slais. Blur, ngambilnya lagi di atas motor (

Oke siap semua reportase tentang tour around Pekanbaru. Semoga bermanfaat dan menghibur siapapun kamu disana. Doakan gue biar bisa backpacker ke tempat lainnya. Amin :3
Salam backpacker!
HIDUP MAHASISWA!


NB:
Ini ada sebagian foto yang diambil oleh @ospaoun saat kami jadi panitia acara Pelatihan Advokasi Anggaran Nasional Maret kemaren. Lagi dalam agenda tour the city setelah pelatihan untuk peserta selesai :D Diambil untuk tambahan referensi foto Puswil. Tenkiu, yo!












bonus:
Putri Alyani Fadhilah, calon menantu idaman :3
Orang Padang nyasar :3

5 comments:

  1. Weh kota pekan baru keren ya mbak. Perpusnya juga keren. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. the most beautiful and coolest library that I've ever seen! :D
      kalau ke Pekanbaru jangan sampai gak pergi ke pustaka wilayah-nya yaa :D

      Delete
  2. Wah akhir tahun mau ke Jogja, ya? Seru tuh juga. Gue juga baru aja dari sana. Dan pengin explore lagi ehehe.

    Btw, Riau keren juga kotanya. Kalo diliat sih kayak yang bersih gitu hehehe. IT-nya juga mantep

    ReplyDelete
    Replies
    1. wooaah baru balik dari jogja? cepat-cepat nyusul lah *langsung packing

      Riau itu provinsi nya mas, Pekanbaru yang (ibu)kotanya :D oya itu IT yang di pustaka wilayahnya. kalau ke pekanbaru jangan lupa ke pustaka wilayahnya yaa :D

      Delete