Monday, December 29, 2014

Curhat Darurat: Semester Berdarah




         
Gue berasa makin mirip zombie aja akhir-akhir ini. Walaupun masih tetap cantik sih :D

Gak nyadar udah akhir 2014 aja. Gimana gue mau nyadar coba kalo gue masih terjebak nostalgia di 2012? Bukan. Bukan terjebak nostalgia. Iya sih sedikit hehe.  Tapi gue udah gak sempat lagi menghitung ataupun memperhatikan kalender selain buat mantengin batas deadline. Deadline apa? SEMUANYA! Tugas konsentrasi jurusan yang seabrek-abrek, program kerja lembaga, anggaran, lomba-lomba, liputan, panitia, rapat, dan sederet kegiatan yang kalo gue list justru malah lebih lama bikin list-nya daripada menyelesaikan deadline-nya.
Dan tugas kuliah… Astaghfirullah banget. Innalillahi sekalian buat gue. Saking mepetnya deadline tugas, bisa malah tugas mata kuliah A gak terkumpul gara-gara tugas B, dan tugas C, dan tugas D dan kalau ada turunan abjad setelah Z mungkin akan berguna buat gue untuk nge-list daftar tugas yang lain. Bukannya gak terkumpul sih, tapi telat gitu lah. Satu sisi gue kecewa, satu sisi gue bangga, satu sisi gue maklum, satu sisi lain panik, satu sisi entah kenapa nyantai aja -__- Sepertinya udah kebal gitu dihantui rasa panik, jadi bawannya udah datar-datar aja.

 Kalo semester 4 kemaren kesibukannya adalah gue yang cari-cari, semester 5 ini, gak dicari pun, eh udah dengan alamiahnya aja datang berbondong-bondong. Mau nyerah dan melambaikan tangan aja, eh udah gak sempat, keburu harus motokopi presentasi proposal. Etdah.

Secara umum ada dua jenis (sok) kesibukan gue: di lembaga dan tugas konsentrasi jurusan. Kalau gue bilang akhirnya gue punya waktu untuk diri sendiri, maka artinya: untuk sementara prioritas agenda di lembaga udah beres. Iya untuk sementara, soalnya lagi menunggu prioritas berikutnya. Ada dua organisasi yang gue ikuti: LPII di fakultas dan BEM di tingkat universitas. Ini aja udah lumayan banyak agenda yang tergadaikan waktunya demi jenis kesibukan ke dua itu tadi: tugas konsentrasi jurusan.

Apa boleh buat. Ini demi masa depan .___.

Dan ngomong-ngomong waktu untuk diri sendiri, gue bagi tiga secara umum: untuk membuat tugas dan belajar, untuk menjadi anak-kos rumah tangga, dan yang terakhir paling sedikit banget waktunya: self-quality time.

Q: Waktu untuk pacar?
A: Hmmm.. (panik) maaf itu rahasia illahi. Saya saja tidak tahu.

Alokasi waktu terbanyak adalah untuk belajar dan membuat tugas. Satu soal analisis aja bisa membuat gue buka belasan buku dan entah berapa banyaknya jurnal. Finishing-nya sampai pagi dengan mata yang udah saingan sama panda dan pusingnya udah berasa turun tensi abis-abisan. Biasanya aja udah rendah di level 90 atau 100. Ini mungkin udah ada kali di level 10  -__- Belum lagi salah satu dosen yang setiap minggu ngasih tugas buat makalah lengkap dengan power-point (yang selau gue bikin dengan sepenuh hati), tapi minggu depannya seringnya beliau lupa dan malah membahas materi selanjutnya. Giliran gue udah capek dan gak sempat lagi bikin power-point, eh tiba-tiba disuruh presentasi dan tiba-tiba diumumkan begitu saja presentasi yang kali itu sebagai nilai UTS. Gue udah maklum aja sama ‘keadaan’ yang ditimbulkan oleh beliau. Ini berasa bawa payung setiap hari, tapi gak hujan-hujan. Giliran lo lalai ketinggalan sekali aja, langsung diguyur habis-habisan. Sakitnya tuh di… aduh seluruh badan gue aja udah gak bisa lagi menanggung sakitnya. Eaaa.

Dan rasa malas? Bah. Saking udah enek-nya sama banyaknya prioritas yang harus diselesaikan, akhirnya ada beberapa hal yang gue lalaikan. Kadang karena memperturutkan keadaan, gue jadi gak patuh sama jadwal yang gue bikin. Kadang gue kelewat senang ngumpul sama teman-teman, sedangkan gue tau udah waktunya gue untuk pulang dan belajar. Gimana lagi coba, ngumpul sama mereka mereka aja udah jarang. Sekalinya ada kesempatan gak disengaja gitu, apa gak gue bantai aja :O Worth it kok.

Bukan malas aja, tapi fisik gue yang gampang capek sekarang-sekarang ini. Sejak lulus SMA, gak pernah lagi latihan fisik kayak jamannya PBB dulu, gak pernah lagi rutin lari pagi di hari Minggu atau Sabtu. Kalo udah gini, kadang jadi kerepotan sendiri. Di penghujung deadline, gue terpaksa menyeret-nyeret badan gue buat segera menyelesaikan dan tentu saja hasilnya tidak akan terlalu memuaskan. Marah? Iya sama siapa lagi kalo bukan sama diri sendiri.

Kalo udah ada lowong sedikit aja dan masih sanggup, gue jor-joran malam-malam pulang kuliah membantai cucian yang udah seabrek-abrek. Kadang gue kepikiran mau buka usaha laundry aja ngeliat sebegitu banyaknya cucian gue. Ngepel, nyapu, nyetrika sering gue lakukan tengah malam, di sela-sela tugas yang belum siap. Semacam refreshing gitu deh. Kasian amat refreshing-nya nyuci baju -____-

Apa boleh buat. Ini demi masa depan .____.

Dan ini memang miris. Kalau waktu untuk diri sendiri diatas adalah yang sifatnya kewajiban, maka waktu untuk gue menjadi diri sendiri, mengerjakan hal-hal yang menyenangkan hati gue, dimana itu menjadi hak dan bukannya kewajiban lagi, justru inilah paling sedikit. Tapi mungkin karena sedikit sekali waktunya ini gue bisa menghargai dengan memanfaatkannya sebaik mungkin. Gue bisa nulis-nulis, main crayon dan spidol warna, abis itu dibikinkan quotes dan gambar gak jelas, curhat sama kertas post-it/sticky note, bikin origami, baca novel, ‘les’ bahasa inggris, masak, atau paling tidak untuk istirahat: tidur sebisa mungkin.

Gak tau deh bakal kayak apa hasil semester lima gue. Kalo semester 4 bisa dilalui dengan gilang gemilang sekalipun dengan banyaknya kesibukan, semester lima (berdarah) ini udah gue iklashkan apapun jadinya. Gue udah mengusahakan semua yang terbaik yang gue bisa. Kalau mau dikecewain semester ini, sayang banget lah. Usahanya udah berkali-kali lebih besar daripada semester sebelumnya. Hanya saja targetnya memang lebih tinggi pada semester ini. *menghibur diri

Ini kayak lo biasanya wajib bayar pajak 100 dan lo bisa bayar 100 bahkan lebih. Tapi sekarang lo udah kerja habis-habisan dan mengumpulkan 400 eh ternyata standar wajibnya udah jadi 500. Usahanya sudah lebih banyak dari sebelumnya, tapi gak sampai target.

Lagian gue sebenarnya takjub gitu sama semester sekarang. Memang sibuk, memang sering gak tidur, memang banyak target yang tidak tercapai, kadang sampe kecewa sama diri sendiri, tapi bahkan di sela-sela keadaan yang tak diinginkan ini, alasan untuk berbahagia selalu ada. Ada teman-teman yang baik dan asik gilak, ada kos yang nyaman, ada anak-anak kos yang bikin rame dan rajin masak, kegiatan yang seru-seru, seminar yang bermanfaat, kepanitiaan yang bikin ‘galau’, survey dan interaksi sosial yang unforgotable banget, lagu-lagu baru yang oke, hahaha, waaah pokoknya banyak. Lebih banyak alasan untuk bersyukurnya daripada mengecewakannya.

Sooo, jadi apapunlah semester ini, maka jadi seperti itulah dia. Insya Allah yang terbaik untuk usaha terbaik. Hasbunallah wa ni’mal wakiil!



2 comments:

  1. itu dia feelnya, itu akan menjadi moment lo nanti :D nikmati aja.. lawan rasa malesnya hehe semoga semeter 5 dan kedepannya gemilang juga :D amin

    ReplyDelete
  2. amin amin. gak tau bakal gimana ini bakal UAS minggu depan haha.
    semoga semester lima gue terselamatkan.
    btw, salam kenal! :D

    ReplyDelete