Friday, September 28, 2012

Buat Hobi, Apa Sih yang Nggak :*



            Tiap orang emang berbeda-beda. Mulai dari fisiknya, kelakuannya, rejekinya, takdirnya, umurnya, masa remajanya, pacarnya #kalau pacar mungkin ada juga yang sama#eh copot#senggol buaya. Biasa deh, hormon ababil emang gak bisa ditahan. Jadi udah dikasih satu, tetep aja merasa gak cukup. Yang diduain tinggal makan hati, capek lahir batin aja-____- #kok gue disenggol#Mana bisa pacar duain gue?! pacar yang mau ngeduain nya aja nggak ada!#eh.

Eh udah jauh beloknya yaaa? Maap deh gue jadi curcol hehehe. Ayo kita muter lagi ke tema awal. Karena semua orang berbeda, hobinya pun juga bisa berbeda. Kalo hobi gue sih banyak. Membaca dan menulis itu udah pasti. Travelling? Gue juga suka :D Duit aja yang sering mepet  -_____- tapi yang sekarang ini gue lagi gatel-gatelnya belajar bahasa. Target gue tahun ini gue mau menguasai satu bahasa asing, dan dua bahasa nusantara. Wuuiiih gaya banget yaa. Buat apa? Yaaa buat senang-senang ajaaa namanya juga hobi 0:)

Untuk bahasa asing gue milih ke asia timur. Pilihan gue jatuh ke bahasa korea*yeeee korea lagi korea lagi -____- pertamanya sih gue pengen mandarin, tapi gue udah keder duluan liat kanji dan pronunciation-nya yang gak pake titik dan koma itu. Bahasa jepang juga asik, budayanya menarik. Tapi selama ada kanji, ntar-ntar dulu deh. Dan pilihan terakhir gue jatuh di bahasa Korea. :D tauk eh gue suka aja cara ngomong mereka pas gue lagi nonton drama korea. Monyong-monyong ngomong ‘eoyo wayo eo eo eo’ tuh asik tauk! Belum lagi logat bahasa Korea itu lucu, asik. Pokoknya gue udah cucok deh!

Saking ngebetnya, sering gue gak tidur malam, kalau lagi semangat belajarnya. Gue denger baik-baik tiap dialog di film atau dramanya, menebak-nebak apa yang mereka bilang, latihan nulis hangul (huruf korea). Temen kos gue ada malah yang bilang gue udah gape banget.

“Eh cepet banget lo belajarnya, Pe. Logat Korea elo udah mirip banget sama yang di pilem-pilem”

 Gue jadi tersipu-sipu. Padahal kan gue cuma perkenalan diri doang -,-

“Tapi segape-gapenya elo bahasa Korea, tetep aja muka lo muka orang Padang”

Gue gondok. YA IYALAH! Darimana coba teorinya belajar bahasa bisa merubah muka seseorang? Kalo gitu mah, kagak ada kali orang yang operasi plastik. Nah dia yang gape bahasa Inggris, mukanya tetep aja gak ada bule-bulenya!

Tapi tetep aja yang komentar miring soal hobi gue. Temen satu fakultas gue (cowok) bilang gini:

“Ngapain sih belajar bahasa Korea? Mau pacaran sama maho lo? Belajar bahasa yang berguna aja deh. Yang ada manfaat”

WHAT?! GAK BERGUNA?! Kurang ajar banget sih! Pake ngatain mau pacaran sama maho lagi. Gak ada yang sia-sia buat menuntut ilmu dan belajar bahasa!  *tangan terkepal teracung ke atas. Apa iya kalau Korea itu udah pasti maho? Itulah orang Indonesia, KEBANYAKAN ASUMSI! Perlu gue jelasin kali ya. Yang namanya hobi itu manfaat tertingginya adalah RASA SENANG pribadi atau KEPUASAN BATIN kita. Selama kita senang, apa yang kita korbankan, katakanlah seperti uang, waktu, tenaga, pikiran gak akan menjadi berarti. Gue misuh-misuh protes sama tu anak.

“Nah lo aja buat beli jersey tiap sebentar, main futsal tiap minggu, beli sepatunya, sewa tempat mainnnya, gimana? Uang jajan lo habis kesana aja tauk!”

“Gue nggak ngerasa rugi kok”

Nah, liat kan? Dia aja yang gue rasa udah ngeluarin uang jutaan aja, gak merasa lebih rugi daripada gue yang paling cuma ngeluarin duit lima puluh ribu buat beli buku panduan bahasa korea.

Karena tiap-tiap orang berbeda, sebaiknya kita punya pemakluman khusus juga buat mereka. Abang sepupu gue yang hobi berburu mau ngeluarin uang jutaan buat beli anjing! Bayangin aja cuma buat beli anjing!  Temen gue ada yang hobi fotografi sehingga mau susah payah nabung jutaan buat beli DSLR. Gue dulu sebagai anak PBB malah ngorbanin kulit gue jadi gosong. Kalo gak mau lebih parah, gue harus beli sunblock yang bagus dan pastinya cukup mahal buat gue.

Ayah gue dulu hidupnya susah, dia sekolah di SMA negeri terbaik di Padang, di mana orang pinter dan kaya banyak nyekolahin anaknya ke sana. gak kayak temennya yang pada borju, pulang sekolah ayah langsung kerja. Dan gajinya buat beli apa coba? Segala peralatan buat naik gunung! Ayah gue emang sispala, habis itu diterusin jadi mapala. Peralatannnya, pakaiannya dibeli pakai uang yang susah payah didapatnya tadi. Tau ajalah peralatan dan pakaian naik gunung itu gak murah. Apalagi jaman dulu. Ampun deh -______- 

Well, gue rasa karena kita cuma karena gak ngerti ‘seni’ nya aja. Temen-temen gue gak ngerti kenapa gue bisa cinta banget sama PBB yang bikin kulit gosong itu. Hehehe gak pernah ngerasain sih bangganya menaikkan bendera :D :3 Jadi candu juga sih. Orang juga gak ngerti kenapa William Shakespare (yang nulis roman Romeo-Juliet itu loooh) harus jauh-jauh ke Italia dari Inggris cuma untuk memenuhi hasratnya menghasilkan karya sastra yang bermutu. Fotografer mau jauh-jauh ke suatu daerah yang terkadang terpencil hanya untuk mendapatkan beberapa jepret objek foto yang mereka inginkan. Filatelis yang sabar mengumpulkan dan menjaga koleksi perangkonya. Ada juga orang yang demi memuaskan ‘seni’ kulinernya, dia pergi ke Thailand untuk makan telur embrio bebek *iuuuh membayangin aja gue udah mual. Kadang kita sampai mikir, kok ada sih orang yang bisa kayak gitu? Yaaa gara-gara itu tadi. Karena kita gak ngerti ‘seni’ nya aja, gak ngerti di mana rasa senang atau kepuasannnya.

Ada temennya temen gue -___- yang hobi ngumpulin reptil. Kamarnya penuh sama dengan hewan-hewan melata. Mulai dari kadal, sampai ular dan iguana! Kadang kadalnya terletak begitu saja di meja belajarnya. Sebenarnya waktu itu (kelas dua SMA) gak sengaja aja ikut temen gue tadi ke rumah temannya itu. Gue pas masuk kamarnya udah lemes aja lutut gue liat ular diatas lantai, walaupun dikandangin.
Lain lagi adek gue yang hobi banget ngumpulin batu -___- sampe-sampe batu-batu yang udah dikumpulinnya mau dibuang sama Ayah. Nyumpek-nyumpekin rumah aja, ata bokap. Tapi dia dengan bangganya mamerin ke gue koleksi batunya. Ada batu marmer merah yang berbentuk hati, ada batu pualam putih yang sumpah cantik banget, batu yang nyaris bulat sempurna, batu pipih, batu yang gak jelas kenapa sampai harus dikoleksi, batu kerikil di tepi jalan, batu sungai, sampai berbagai pecahan keramik pun dia koleksi -_____- sampai sekarang, untuk dua orang ini gue gak ngerti di mana ‘seni’ hobi mereka itu. 

Yang jelas, menurut gue selama hobi itu gak menganggu dan merusak ke diri kita, tancap ajaaa.  Apalagi yang bisa menggali potensi dan bakat kita. Jangan mau menahan-nahan diri untuk mengembangkan diri jadi lebih baik lewat hobi kita tadi. Apalagi pas masih muda ini. Ntar pas udah tua pasti nyesal kenapa gak dari dulu-dulu aja. Kayak naik gunung contohnya, daripada naik gunung, jalan ke dapur aja pinggang udah sakit. Belajar bahasa, yaa pas muda dong kita mudah menyerapnya. Dan latihan PBB, kan cuma ada sampai SMA. Makanya jangan nunda-nunda apa yang bisa kita kerjain sekarang :D

Okeee. Gue rasa segitu dulu ya artikel gue tentang hobi. Semoga bermanfaat deh bagi teman-teman yang baca. Akhir kata: Wassalam. Keep stay at my blog yeee :*

No comments:

Post a Comment