Tuesday, October 9, 2012

Masa Anak-anak yang Tidak Lagi Anak-anak -__-



               
Haaaaaai :D Semoga pada sehat ya pas baca postingan ini. Atau yang lagi sakit jadi sehat setelah membaca postingan kali ini hehehe.
Sebenarnya sih udah dari setahun yang lalu gue mau nulis soal ini.Tapi gue gak bisa menyalahi diri sendiri karena gue emang orang sibuk *cuih. Kalo gue nulis diantara waktu-waktu yang mepet gue takut selain hasilnya gak bagus, gue pun juga gak menikmati prosesnya. Walaupun udah nulis dari kecil gue masih belum pro kayak penulis terkenal lainnya :(. Sibuk talkshow, promosi, kerja di kantor, ngurus anak, bikin skripsi, sibuk mau UN tapi masih bisa nulis dengan sangat baik. Sekali lagi, namanya juga lagi proses 0:

Langsung aja ya. Ide ini muncul gara-gara setahun yang lalu gue liat status anak kelas tiga esde yang berbunyi seperti ini *bacain surat Al-Baqarah

“mUngKin kitA eman9 gag j0d0h  :’( T.T”

Maaf kita putus, Neng. Abang gak dibolehin pacaran sama Emak :((



Sebagai anak SMA gimana gak manyun gue ngeliatnya. Gue kebayang tuh anak lagi lap ingus pas nulis statusnya -__-. Ampun deh naaaak, sayang dikit sama masa kecil napa? Ntar pas gede bakalan galau juga kok. Kayak takut gak kebagian aja! Sana gih, main masak-masakan di halaman tetangga *biar halaman mama gak kotor :D

Selidik punya selidik, gue menemukan beberapa perbedaan masa kecil gue dengan anak-anak kecil jaman sekarang. Gue survei dari beberapa socmed, lingkungan sekitar, infotaiment, sampai tanya temen-temen. Setelah diperhatikan lebih jauh dan diteliti lebih lanjut, inilah dia gaya masa kecil anak-anak jaman sekarang *jreng jreng…


1.       Mainan

Kayak yang gue bilang diatas tadi. Waktu kecil gue main masak-masakan sampe ngacak-ngacak tanah di halaman sebelah *iya halaman tetangga tadi.  Gue membayangkan bahwa daun-daun dan bunga-bunga yang gue ‘masak’ bakalan enak dan bisa dinikmati oleh seluruh anggota gank :’D. Selain itu gue dulu juga main lompat karet, main congklak, main kasti, main benteng, main basket (ringnya dari tong sampah yang disangkutin mengenaskan di pohon mangga---juga punya tetangga. Untung ayah beliin ring kecilnya), main petak umpet, main ‘N’, main bulu tangkis, main ular tangga, main sepak bola, main cak bur, main kucing-kucing. Banyak deh. Pokoknya yang bergerak, memompa adrenalin, memancing kegembiraan, memancing tawa, dan kebanyakan lari-lari sampai capek. Sehingga pada malam harinya gue bisa tidur dengan pulas kayak orang mati -___- :3


Anak-anak sekarang boro-boro deh mau ngacak-ngacak tanah kayak gue, mereka mah udah pake Ipad! Jadi main masak-masak pun gak perlu ngacak-ngacak tanah atau metikin bunga tetangga. Main basket juga bisa di hape. Main karate bisa di Nintendo Wii, sepak bola pun juga gitu. Belom lagi yang sampe nginap di warnet sehari-semalem buat main Point Blank. Gue gak heran deh kalo remaja-remaja ke depannya berpotensi terkena obesitas dan diabetes—paling nggak ambeyen laaah—karena kebanyakan duduk dan main games berjam-jam -_____-


2.        Musik dan lagu

kemana, kamu kemana? kesini, bukan :((


Siapa yang masih ingat lagu-lagu karangan A.T Mahmud? Nah waktu gue TK nyanyi gue masih nyanyiin lagu ciptaan beliau. Balonku ada lima, potong bebek angsa, pelangi-pelangi, topi saya bundar *lagu ini kayak lingkaran setan, muter distu-situ doang -____- tapi gue suka sih haha. naik-naik ke puncak gunung dll.


Mungkin karena lagu lagu sekarang liriknya ‘gampangan’ sehingga mudah diingat. Masa iya ada orang bikin lagu tentang dia yang cuma punya duit seribu pas lagi jalan sama pacarnya? Niat pacaran gak sih? :@ Oke gue gak masalahin yee, siapa tau ceweknya juga oke-oke aja. Tapi kenapa sih hal sesepele itu dibikinin lagu? Mana penyampaiannya lugas lagi “Duitku tinggal seribuuuu” -____- gak salah deh, lagu yang mudah diingat pun juga mudah dilupakan. Lagunya gak ngena di hati orang-orang, terkesan gak serius, terkesan ‘olok-olok’. Paling juga buat nambah-nambahin pendengaran di angkot -,-


Lagian kalau lagu dewasa di jaman gue esde liriknya keren, maknanya dalem, dan longlast sampai sekarang. Malah beberapa lagu menjadi legenda saking mengena-nya di hati konsumen musik Indonesia. Coba deh bandingin lirik lagunya band dan boyband sekarang, dengan lirik lagunya Sheila On7, Peterpan, Padi atau lagu-lagu pas kita SD dulu *awal tahun 2000-an. Sampai sekarang gue masih ingat liriknya, ingat iramanya, ingat dejavu-nya.


“Tetaplah menjadi bintang di langit, agar cinta kita kan abadi
Biarlah sinarmu tetap menyinari alam ini
agar menjadi saksi cinta kita
berdua” Kasih Tak Sampai-Padi


“Bila rindu ini masih milikmu
Kuhadirkan sebuah tanya untukmu
Harus berapa lama aku menungguu
Aku menunggumu” Menunggumu-Chrisye ft. Peterpan


Nah itu yang gue denger pas gue kelas dua esde, bahkan sebelum gue ngerti maksud lagunya. Gue seneng lagu –lagu yang gue denger dulu adalah lagu dengan lirik yang indah dan baik, dan kualitasnya yang juga sangat baik---untuk pendengaran anak kecil sekalipun. Jadi gue bersyukur banget deh bisa melewati masa kecil dengan lagu yang seharusnya gue denger. Gak kayak anak-anak sekarang. Cepat tua gara-gara dicegokin lagu alay dan galau terus. Nyanyiin lagu ‘Pujaan Hati’ Kangen Band aja bisa sampai termehek-mehek ekspresi mukanya. Hadeeeh -____-


3.       Handphone

"Ngumpul dimana ntar, Cin? di sevel aja yee. hehehe"

Gak bisa dipungkiri jaman yang semakin canggih ini, semua orang bisa menguasai tekhnologi. Salah satunya yang paling cetek tentu saja handphone. Gue sih gak masalah anak kecil punya handphone, selama penggunaannya gak menyalahi aturan yang berlaku *macam minum obat aja. Cuma gue sih geli aja liat anak esde bahkan anak TK udah terbiasa SMS-an sama teman lawan jenisnya hahaha. Mungkin karena waktu kecil gue masih malu-malu ngomongin lawan jenis. Anak-anak sekarang?


“Jangan buka-buka SMS ya kaak. Privasi!”


Hueeeey gaya banget elo 8 tahun aja punya privasi:@ Anak-anak segede lo harusnya isi sms-nya nanyain peer ke temen, bikin kelompok belajar, atau apa kek *gue dong anak esde teladan :3 Lagian kalo sekarang lo udah punya ‘privasi’, udah gak seru lagi dong ‘privasi’ pas SMA-nya -,-


A: “Lagi apaa?”
B: “Lagi bikin PR. Kamu?”
A: “Wah rajin banget. Besok nyontek yaa”
B: “-____- Kamu gak bikin PR? Nanti dimarahin buk guru looh”
A: “Aku lagi sibuk mikirin kamu. Met bobok yaa :* Besok pinjem PR-nya yaa?”
B: (klepek-klepek)“Oke deh. Met bobok jugaaa :*”

 -____________-‘


Trus banyak diantara mereka yang udah punya hape canggih kayak Blackberry atau Android. Kalo ini gue iri aja. Gue baru dibeliin hape sama orangtua pas gue kelas satu esempe. Itu pun hape yang layarnya monochrome warna biru -___- dapetnya juga susah. Gue harus juara dulu biar bisa dibeliin hape ganjel pintu itu ckckc.


4.       PACAR (!!!)

Bikin iri aja lo!

Bukan rahasia lagi kalo anak kecil sekarang udah pinter pacaran. Seorang anak perempuan kelas satu esde pernah ngomong gini ke gue:


A: si Anak
P: Pea

P: (lagi belajar, mau UN)
A: “Kak Pea gak punya pacar ya?”
P: (JLEB)“Emang kenapa?”
A: “Habisnya kayak jarang di-smsin gitu”
P: (JLEB! JLEB!) dulu punya. Sekarang udah gak lagi *dulu itu kapan, Pea? KAPAAAAN?!
A: Kalah deh sama aku. Aku aja udah punya pacar.
P: (JLEB! JLEB! JLEB!) Masa iya? Kapan pacarannya?
A: tadi kak. Tapi dia ompong kak. Giginya baru lepas. Walaupun gitu…
P: KALO DIA OMPONG BERARTI PACARMU JELEK! IH, PACARNYA OMPONG! KASIAN DEH LO! >:@


Gue langsung nyolot aja untuk mengakhiri dialog JLEB itu. Berhubung udah dapat tiga JLEB, gue pun sakaratul maut dengan mengenaskan. Ironi emang, masa gue kalah saing sama anak kelas satu esde T.T


Belom lagi adek cowok gue (bungsu), Aulia Rahmat. Panggilannya Aulia. Adek gue yang terkesan culun ini, anak juara satu, rajin sholat, rajin bantu-bantu nyokapnya, pokoknya alim gitu udah bisa nyatain perasaanya ke cewek!! Iya, dia bilang dia lagi suka sama temen sekelasnya. Sebut saja namanya Melati. Mungkin karena dia ganteng aja bisa pede kayak gitu. 

Adek gue, Aulia :D Sebenarnya yang disebelahnya itu gue, tapi terpaksa gue crop karena pose muka gue yang lagi nggak banget -____-




Gue gak tau pasti atau nggaknya. Soalnya gue denger dari Diah, adek dibawah gue. Pas gue konfirmasi sama tuh anak, dia cuma ketawa-ketawa sambil nendang-nendang gue, mungkin karena malu atau gemes. Posisinya kami lagi di sofa, dia lagi tiduran dan gue duduk di sebelah kakinya. Ampun deh. Kalau malu ya nutupin muka kek, lari kek, atau gak usah cerita aja sekalian. Ini malah nendang-nendang. Gue curiganya dia punya dendam pribadi sama gue =,=


Gue sih udah pernah liat Melatinya. Cantik sih, pinter (saingan sama Aulia), santun, rajin sholat. Cucok deh. Orang tua gue aja langsung setuju. Halah. Tapi serius looh. Nyokap bilang, selera Aulia emang bagus. Masalahnya bukan ceweknya, tapi di umurnya yang masih 9 tahun, masa dia udah bisa nyatain perasaannya?!! Bahkan sebelum dia disunat -____- Punya sendiri aja belum keurus eeeh ini udah lirik-lirik anak gadis orang. Sebenarnya sih gak nembak juga. cuma dia bilang dia ngomong gak langsung sambil bercanda. jadi si cewek pun juga anggap bercanda. Walaupun gitu, gue merasa tersentil. Pengen deh gue teriak sama dia: “SODARA SIAPA SIH LO?! UDAH BERANI PACARAN! MAU LANGKAHIN GUE HAAAH?!” *napas satu-satu -,-


5.       Tempat Nongkrong

Anak esde nongkrong di KFC, MacD, atau pun resto dan café lainnya lainnya bukan jadi pemnadangan yang asing lagi. Gayanya wuuiiihh, kayak lagi ada meeting gitu haha. Dulu gue kalo gak ditemenin orang dewasa, gak mau deh pergi makan ke resto atau café gitu. Payah gue emang. Selain itu, gue juga gak pernah dikasih duit lebih sama orang tua. Gue gak punya duit buat nongkrong di tempat kayak gitu. Boro-boro deh mau ke resto sendiri, makan lontong aja gue sering ngutang dan nyuruh bokap yang bayarin ke sana. Manjanyaaaaa :3


Pas bulan puasa tahun lalu, gue lagi nyuci piring sore itu. Buru-buru nyuci nya soalnya gue lagi ada acara bukber sama anak sepuluh lima. Tiba-tiba sepupu gue kelas satu esde bilang gini ke Uni Popi, kakak sepupu gue juga


Dia: Ma Pi, minta uang dua puluh ribu. (Dia manggil Mama Popi ke Uni, disingkat jadi Mapi)
Uni: Haa? Untuk apa duit sebanyak itu?
Dia: Mau buka puasa sama kawan-kawan di KFC
Gue: (Sambil tiba-tiba menoleh ke adek tadi, PLUNG! Gelas yang gue pegang jatuh ke baskom penuh air)
Uni: hahaha tuh tuh yang kelas tiga SMA merasa tersaingi sama yang kelas satu esde :D


Perkara duitnya dikasih atau nggak gue gak tau. Gue rasa sih nggak. Ya nggak mungkinlah anak segede itu dilepasin pergi buka bersama sama teman-temannya gitu aja. Apalagi dia nggak puasa saat itu ckckc.


Gue rasa secara umum itu perbedaan antara masa kecil gue sama anak-anak jaman sekarang. Yang jelas gue bersyukur banget, masa anak-anak gue gue jalani dengan polos ala anak-anak tanpa tendensi macem-macem yang begitu berarti dari luar. Gue berlaku sesuai umur gue :3 Gak kayak anak-anak sekarang. Cepat tuanya, banyakan galaunya ckckck. Semoga kelakuannya gak tambah parah kayak misalnya, kecil-kecil udah berani free sex. Naudzubillah minzalik. Jangan sampai deh kayak gitu. Jangan sampaaaai. Oya kalo ada tambahan lagi, silakan komen yaaa? :* See you to the next post. Dadaaaaaah :D

 sumber gambar:

7 comments:

  1. huahaahah cacat!
    gue juga sering liat yang begituan, sediiih mblo liatnya T,T bkn sedih krn mereka yaa, tp sedih krn gue msh jomblo .___.

    ReplyDelete
  2. lu emang udah dari sono nya jomblo -_____-
    gak update lagi, mblo?

    ReplyDelete
  3. gak tau mau cerita apa mblo. ini lagi mengobservasi hahaha

    ReplyDelete
  4. wkwk,,
    bukan dirimu ja yg kalah saing pea...
    diriku juga masih jomblo,,, hkhk :P

    ReplyDelete
  5. sama,dayt juga jomblo ne pea,hikik

    ReplyDelete
  6. hahaha yang ngomen jomblo semuaaa.
    bikin jomblo nation yoooook :D

    ReplyDelete
  7. Jiahaha, kesian ya masa kecil mereka yang sesungguhnya sudah terampas oleh zaman :v

    ReplyDelete