Thursday, March 12, 2015

Ngelunjak: 24 SKS vs 61 SKS




Gue sempat heran ke diri sendiri yang kemaren ini heboh dan alay banget sama ‘padatnya jadwal kuliah. Halah, padahal kuliah gue paling-paling ‘cuma’ 24 sks per semesternya. Masih mending banget semester gue udah mau habis teori, jadi jadwal agak longgar sedikit. Gak tau musti alhamdulillah atau nauzubillah. Alhamdulillah dong, tau-tau udah tahun tiga aja, tau-tau udah mau kelar aja semua teori. Nauzubillah-nya? Berarti gue musti segera proposal dan nyusun skripsi abis ini. Pasti kuch-kuch hotahai banget berat badan gue beberapa bulan ke depan.

Dan gue sadar banget, sebentar lagi gue bakal terkena siklus ‘junior-nanya-nanya-skripsi-seniornya’. Ya gapapa sih, gue udah puas gituin senior gue dulunya. Namanya karma, pasti berlaku. Walaupun untuk urusan ini sebenarnya gak pake karma-karmaan sih -___- Lo bakal tetap ditanya-tanya sama junior pertanyaan-pertnyaan tidak sopan seperti, ‘Kapan mau skripsi? Kapan mau wisuda? Udah ada pendamping belum?”, sekalipun lo gak pernah gituin senior lo dulunya. Jadi rugi banget kan? Untung gue udah puas nge-bully senior, sebelum gue lah yang akan di-bully. Gak bangga sih -..-

Back to the topic..

Kenapa gue sampai heran terhadap sikap reaktif gue yang alay itu? Karena ini cuma 24 sks, man! Seriously, cuma 24 sks. Tanpa bermaksud menggunakan makna lain ataupun sinisme pada kata cuma. Di universitas gue, satu sks dihitung lima puluh menit. Kalau 24 sks berarti hanya sekitar 1200 menit, yang kalu dikonversikan dalam hitungan jam, hanya sekitar 20 jam saja! Bayangin aja lo cuma belajar secara formal kurang dari 24 jam dalam satu minggu. Kok absurd gitu rasanya.

Dan segitu aja udah dibilang padat?

Padahal kalo diingat-ingat, gak ada apa-apanya jadwal 24 sks saat ini dibanding jadwal gue sebagai anak SMA dulu. Kalau dikonversikan ke sks, ternyata jadwal wajib sekolah bisa mencapai 61 sks! Alamak. Masuk jam 6.45, keluar sekitar jam 16.30-17.00. Paling-paling hari Jumat dan Sabtu pulangnya agak cepetan dikit. Maaf saja, itu bukan jadwal tambahan anak kelas dua belas. Jadwal seperti ini sudah diikuti sejak kelas sepuluh. Apa gak teler coba? Ya pasti teler lah. Tapi sebosan-bosannya gue sama jam sekolah yang melelahkan, tetap gue coba ikuti sepanjang hampir tiga tahun seperti itu.

Gue tahu, di sekolah lain ada jadwalnya yang jauh lebih parah dari sekolah gue. Mungkin udah 1000 sks kali -___-. Entah mau dijadikannya apa kami-kami ini.

Itu baru jadwal wajib sekolah. Rata-rata teman-teman di sekolah ngambil bimbel di luar. Berarti tambahan jam belajar lagi. Tambahan ‘sks’ lagi. Untuk gue pribadi, gue sampai ngambil dua bimbel dan satu les matematika. Tapi satu les matematika gak bisa gue lanjutkan karena sering tidak terkejar akibat mepet banget sama jam pulang sekolah yang udah kesorean.

Sedangkan dari bimbel gue benar-benar memanfaatkan fasilitas konsultasi gratisnya sepulang sekolah. Maklum, nanya-nanya di sekolah rada gengsi juga, orang disana gak perlu belajar kok ya udah pada pinter aja rasanya T.T *digampar -_____- Makanya di bimbel gue tanyain abis-abisan pelajaran yang gak gue ngerti. Dan itu gue ikuti hampir setiap hari, di seluruh cabang bimbel di kota Padang, sesuai jadwal tentor dan pelajarannya. Hari Minggu pun gue jabanin ngendon seharian di bimbel. Kalo uni (kakak) sepupu gue bilang, “Putri itu mabok sekolah aja. Jadwal belajarnya seven to seven”. Dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam.

Gue juga ikut salah satu ekskul dengan jam paling berlebihan di sekolah, PBB Paski. Kalau jatah wajib jam eksul itu cuma satu sampai dua jam sejak pukul 11 siang dan pulang jam 1 siang, kami bisa (tega-teganya) pulang jam 6 sore untuk latihan.

Pantesan gue gak pernah ngerasain kayak apa rasanya punya kulit yang cerah sentosa semasa sekolah -___-

Kebayang kan betapa padatnya jadwal gue yang dulu.

Dan kalau dihitung-hitung semuanya bisa sampai 78 sks! Alamak yang bener aja. darimana gue dapat tambahan waktu yang sudah dijatah tepat 24 jam sehari? Ini seolah-olah gue dapat tambahan waktu lebih dari Tuhan, mungkin gue dapet 30 jam sehari *ngaco banget.

Kalo diingat-ingat ngeri banget gue dulu untuk urusan sekolah -____- Gue aja gak kebayang dapat kekuatan darimana menjalani itu semua .-.

Lain cerita kalau gue ikut kegiatan di lembaga kemahasiswaan. Tapi itu kan udah lain lagi alokasi waktunya. Ini gue mau ngomongin alokasi waktu gue buat mata kuliah yang gue ikuti di kelas. Rasa-rasanya itu jadwal padat banget, kadang berasa sampai gak bisa gue ikuti. Kalo tiba di rumah bawannya capek mulu, langsung pengen dibawa tidur. Serius nih sejak gue kuliah, badan gue gak bisa dipakasain ‘nguli’ kayak dulu lagi. Kayaknya faktor asupan gizi yang terganggu kali yaa hahaha.

Padahal di sela-sela waktu yang begitu senggang ini gue masih sempat pergi sama temen-temen, gue masih sempat online, masih sempat masak, masih sempat ikut acara ini-itu, panitia ini-itu. Jangan-jangan jadwal gue terasa padat karena-hal-hal di luar kelas formal?

Entahlah. Gue juga gak tau. Di situ kadang saya merasa sedih :(

Tapi yang namanya kuliah kan beda. Cara belajarnya berbeda. Dan tentu saja kuliah kan bukan cuma nerima pelajaran di kelas kayak anak SMA. Pelajarannya sudah pada tingkat menganalisis dengan lebih mendalam, dimana butuh waktu dan ketekunan yang lebih tinggi lagi. Kalau tidak aktif belajar sendiri di luar jam wajib kelas, berasa bakal selalu kurang. Tugasnya juga banyak. belum lagi kalau mahasiswa-nya ikut organisasi. Waktunya untuk istrahat juga akan tersita lebih banyak. Tetapi pelajaran yang didapat dari mengikuti kegiatan kemahasiswaan juga akan sangat berguna bagi pengembangan diri dan karakter.

Dan oya, udah beberapa tahun jadi anak kos dengan asupan gizi yang tidak menentu. Kekuatan fisik dan psikis seseorang kan juga bergantung pada—sudah—terjaminkah—keamanan—perutnya.

Kalau udah ngeles pinter banget ya.

Gue tahu itu hanya alasan yang dicari-cari. Untuk membenarkan kesalahan-kesalahan gue. Seperti tim sukses pemira yang membenarkan cara apapun sekalipun cara tersebut salah hahaha. Kenapa harus mencari alasan untuk tidak sanggup, dimana umur dan pengalaman sudah semakin bertambah, sedangkan yang lebih berat pernah dijalani sebelumnya. Bahkan dengan sangat baik (karena gue masih sangat puas dengan kedisiplinan gue dulu. Sekarang? Boro-boro -___-).

Cukup sudah alasan. Ini cuma 24 sks. Gak ada alasan seperti salah ambil dosen gegara telat ngisi KRS (as always), atau alasan organisasi, atau alasan capek, alasan kurang gizi *halah, apalagi alasan merasa udah salah jurusan dan salah cita-cita. Udah tahun berapa ini?

Orang yang banyak alasan untuk membela kesalahannya biasanya juga lebih punya alasan untuk tidak sukses.

Jadi jangan banyak cakap, jangan banyak perangai. Belajar aja yang rajin, belajar darimana saja. Dulu 61 sks aja bisa nambah. Masa kalah sama yang 24 sekarang? Mau jadi apa nanti.



Putri (20 th)—yang lagi ngelunjak sama jadwal kuliahnya

8 comments:

  1. Dilemma kan antara organisasi atau akademik. Terkadang di organisasi itu ilmu yang didapat agak gak berhubungan dengan ilmu yang didapat di akademik. Pengennya sih berhubungan tapi ya inilah Indonesia haha.
    Anyway, semester berapa tah? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe organisasi ngajarin yang gak ada di kurikulum. kadang pelajarannya didapat bukan dari kegiatannya, tapi pemahaman saat menjalaninya yang jadi pelajaran. ketemu banyak orang dan berbagai karakternya juga seru. yang penting gak boleh nyepelein akademik. ini nih yang suka dijadiin alasan mahasiswa yang kelewat aktif organisasi kalau IPK mereka anjlok -..-
      semester berapa? hahaha udah semester 6 aja ternyata -___- berasa masih baru di ospek kemaren deh :3

      Delete
  2. masih sekolah nerima banyak pelajaran rasanya gak seberat waktu nerima materi dari dosen, 1 materi dari dosen aja kadang sulit buat dipahami

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin materi kuliah memang di disain untuk tingkat analisis. analisis kan lebih berat daripada menghitung cepat tanpa salah. atau.. mungkin kita lelah :"

      Delete
  3. Ini yang "tingkat akhir" SMA aja udah ngeluh mulu gara-gara tambah padatnya jam belajar. Gimana nanti kalo kuliah ya.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. rasanya pas ekolah udah butek banget sama jadwal sekolah. tapi tetap enakan jadwal sekolah, soalnya jadwal lebih teratur dan sifatnya rutinitas. semangat sekolahnya ya dek! :D

      Delete
  4. Tolong saya jangan di bully yah, saya lagi skripsi -_-

    Organisasi sebenernya tidak menyibukan kok, lah kan rapat tu kalau mau ada kegiatan saja. Jadi kalau ada yang nilainya jelek dan menyalahkan karena ikut organisasi itu tu alesan doank. Itu si jelek karena emang males belajar :D

    Oiyaa baru sadar kalau ternyata di sekolah waktu belajarnya lebih lama, haha
    sekarang pas kuliah mah longgar bgt waktunya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaudah gak saya bully. lagian pasti juga udah puas di bully sama junior-juniornya hahaha :D
      eh tapi menurut saya organisasi tetap aja menyibukkan, tapi sama sekali gak bisa dijadikan alasan kalau nilai jelek. lha, ber-organisasi itu kan pilihan kita sendiri, bukan diwajibkan siapapun.
      semangat skripisinya. doakan saya proposal dan skripsi secepatnya juga :D

      Delete